Category 1




Anda Pengunjung Ke

Minggu, 13 Juni 2010

PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA

BAB XII

PERKEMBANGAN ISLAM Di DUNIA

Setelah mempelajaari modul ini siswa dapat :
1. Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
2. Menjelaskan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia
3. Menyebutkan contoh perkembangan Islam di dunia
4. Menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia

A. Perkembangan Ajaran Islam di Eropa
1. Austria
Di Austria terdapat Islamic Center, masjid , perpustakaan, dan madrasah sebagai tempat untuk memepelajari Al Qur’an. Lembaga ini menjadi penghubung dengan dunia Islam pada umumnya.
Di Austria terdapat perpustakaan Islam yang dikenal dengan nama Social Service. Semua biaya kegiatan keagamaan ditanggung oleh umat Islam sendiri. Untuk menyiapkan generasi penerus pendidikan agama Islam diberikan pada hari sabtu dan minggu.
2. Belgia
Keberadaan agama Islam di Belgia diakui oleh pemerintah sebagai salah satu agama dari yang sah. Untuk menampung kegiatan umat Islam dibangun masjid dan Islamic center. Di negara ini pernah dipakai tempat muktamar Islam Eropa tepatnya di kota Brussel.
Sejak tahun 1975 Pendidikan agama Islam di masukkan ke dalam kurukulum sekolah di tingkat SD, SMP dan SMA. Materi yang diajarkan adalah; Al Qur’an, Bahasa Arab, Ilmu Agama Islam.
3. Spanyol
Di negara ini umat Islam pernah mengalami kejayaan, yaitu pada masa kekuasaan Bani Umayyah. Pada masa-masa berikutnya Isam tidak lagi mampu mengembangkan sayapnya dinegara ini, karena mendapatkan himpitan dari kristen. Pada masa pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang yang mengakui bahwa semua agama mempunyai derajat yang sama, kegiatan Islam muai tampak lagi. Bangunan masjid Kordaba menjadi kebanggaan umat Islam pada waktu itu. Pada tahun 1981 dibangunlah Islamic center sebagaipusat pendidikan Islam.
4. Bulgaria
Umat Islam di Bulgaria pernah berjaya, yaitu pada masa Dinasti Usmaniyah berkuasa. Umat Islam di Bulgariaya berjumlah 12,2 %, dan sudah masuk menjadi bagian dari sistem politik.
Pemerintah Bulgaria pernah melarang segala kegiatan organisasa muslim serta menetapkan sejumlah larangan bagi umat Islam. Kegiatan keagamaan dibatasi dan umat Islam diharuskan mengganti nama Arab mereka. Manun demikian umat Islam tetap bertahan dan teus mengmbangkan dakwah Islam. Umat muslim Bulgaria terdapat dua komunitas besar yaitu; Pomak atau etnis Bulgaria yang tigngal di wilayah pegunungan selatan dan etnis Turki yang tinggal di kawasan tenggara. Problem yang dihadapai umat muslim adalah rendahnya tingkat pendidikan dan minimnya lapangan pekerjaan.
5. Inggris
Di inggris agama Islam berkembang dengan pesat, faktor yang menjadi pendorong perkembangan Islam antara lain mengalirnya ilmu pengetahuan Islam dari Spanyo, Pemindahan Universitas Toledo ke Inggsris, sehingga Inggris memiliki Universitas Cambraibge dan Oxford. Untuk mengengbangkan agama Islam dibangunlah masjid agung (Central mosque) di pusat kota London. Mozarobes adalah salah satu tokoh yang sangat gigih dalam mendakwahkan Islam di Inggris.
Pada saat ini umat muslim Inggris menjalin hubungan kerja sama dengan umat muslin Indonesia. Programnya adalah penukaran imam dan khotib yang disepakati dalam forum Kelompok Penasehat Keulamaan Indonesia- Inggris atau RI UK Islamic Advisory Group ( UK – IAG ) yang dibentuk atas kesepakatan Perdana Menteri Inggris Tony Blair dengan Presiden Susilo Bambang Yudoyono, pada bulan Maret 2006. Selain itu adalah penterjemahan karya-karya Indonesia ke dalam bahasa Inggris, dialog antara agama dan aneka kegiatan mengisi waktu luang pelajar.
6. Perancis
Sebenarnya di negara ini terkenal sebgai negara Katolik. Akan tetapi, dalam hal agama liberal, orang yang tidak beragama pun diakui hak-haknya. Agama Islam dapat berkembang dengan baik di negara ini. Sekarang sudah ada Al Qur’an diterjemahkan ke dalam bahasa Perancis. Salah satu tokoh yang sangat gigih dalam hal ini adalah Jackues Beroue.
7. Italia
Italia adalah pusak agama Katolik di seluruh dunia. Namun demilkian Agama Islam dapat tumbuh dan berkembang di negara ini. Pada tahun 1984 kaum muslimin berhasil mendirikan masjid sebagai pusat kegiatan agama.
8. Jerman
Islam masuk di Jerman pada abad ke 8 M. Pada masa pemerintahan Frederich Wilhelm, Islam berkembang karena umat islam berjasa dalam perjuangan militer di jerman. Pada tahun 1908 dalam resimen “Towarczy”, ada 1.220 tentanra muslim dari 1.320, sedangkan sisanya beragama kristen. Peran militer muslim tidak hanya berperang melawan Napolion, tetapi berlanjut melawan Rusia dan Polandia.
Islam berkembang dengan pesat pada masa pasca Nazi puncaknya pada tahun 60-an. Sekarang populasi muslim di Jerman mencapai 3,7 juta, dari 82,5 juta penduduk jerman 33% beragama Protestan, 33 % beragama Katolik dan 4,5 % beragama Islam. Mayoritas muslim Jerman dari keturunan Turki, sisanya keturunan Maroko, Pakistan, Iran, Afganistan, Balkan dan sebagainya.
Pendidikan agama Islam telah disetujui pemerintah masuk pada kurikulum sekolah negeri, namun demikian masih ada kendala yaitu tidak adanya organisasi Islam yang diakui pemerintah, sedangkan pemerintah mensyaratkan hal itu ada untuk menjadi mitra bicara untuk membahas materi pelajaran agama Islam. Di Jerman terdapat masjid dan mushola sekitar 2.200 . Di Berlin sendiri terdapat sekitar 70 masjid /mushola. Selain digunakan sebagi tempat ibadah, juga difungsikan sebagai tempat kegiatan Islami terutama pengajian atau pendidiakan Islam.
9. Kanada
Islam masud di Kanda kurang lebih 150 tahun yang lampau. Sikap toleransi antar agama cukup tinggi, sehingga kekerasan yang ditimbulkan dari agama ras dapat diminimalisasi.
Pada saat ini ada sekitar 600 ribu umat Islam di Kanada. Umat Islam di Kanada dapat bekerja diberbagai bidang. Saat ini pendidikan agama telah diajarkan di sekolah, karena para guru dan pengelola pendidikan merasa perlu untuk memberikan pengetahuan tentang Islam kepada para siswanya.
Usaha-usaha umat muslim di kanada untuk memperkenalkan kepada publik, bahwa Islam adalah agama yang cinta damai terutama di negara-negara barat antara lain ; diselenggarakan diskusi-diskusi, dialog listas agama, penerbitan buletin, serta aneka produk budaya. Selain itu umat Islam di kanada juga membuat acara khusus tentang Islam dan kehidupan sehari-hari. Mereka memproduksi film dokumenter yang diberi judul A New Life in a new Land.
10. Kawasan Eropa Timur dan Semenanjung Balkan
Pada masa Kekholifahan Turki Usmani, Islam merebak di negeri ini. Jumlah umat Islam terbanyak berada di Albania, dibandingkan di Bulgaria, Macedonia, Bosnia, Herzegovina, Azerbaijan dan sebagainya.

B. Australia
Islam masuk di Australia melalui orang-orang Afganistan yang bekerja sebagai pengendara unta. Pada tahun 1924 Islam lebih berkembang lagi yang dibawa oleh orang-orang dari Albania, yang bekerja sebagai petani tembakau di Australia Utara.
Quesland Islamic Society, didirikan bertujuan untuk menyadarkan anak-anak muslim agar melaksanakan sholat. Al Qur’an menjadi ajaran pokok di sisni. Diantara organisasi yang dibeentuk untuk memajukan Islam yaitu :
1. Australia Federation of Islamic Councils (Federasi Dewan-dewan Islam Australia)
2. Federasi of Islamic Societies (Federasi Masyarakat Muslim) yang bertaraf nasional, melipouti 35 ormas muslim lokal dan 9 Dewan Islam Negara Bagian.
3. Moslem Student Association (Himpunan Mahasiswa Muslim)
4. Moslem Women’s Centre (Pusat Wanita-wanita Islam) bertujuan memberikan pelajaran keislaman bagi kaum yang datang dari luar negeri diberi tambahan pekajaran bahasa inggris.
King Khalid Islamic College (KKIC) adalah sekolah Islam yang pertamakali didirikan di Australia tepatnya di negara bagian Victoria. KKIC didirkan tahun 1982, siswanya terdiri dari berbagai bangsa dan negara. Sekolah ini setara dengan SD, hingga SMA. Sekarang telah berdiri 30 sekolah yang serupa di seluruh Australia. Sekolah tersebut menggunakan kurikulum nasional dan internasional. Agama Islam dan Al Qur’an mejadi mata pelajaran wajib.

C. Afrika
1. Sudan
Perkembangan Islam di Suda sangat megembirakan. Salah satu tokoh yang berjasa masuknya Islam di Sudan adalah Abdullah bin Said bin Ali Sarah. Penyebaran Islam di negeri ini dilakukan dengan mengajarkan ilmu Tasyawuf dan Filsafat. Tokoh yang paling berpengaruh pada waktu itu adalah Syeh Abdul Qodir Al Jilani dan Abdul Hasan Asy Syazali.
2. Etiopia
Islam masuk di Eteopia ketika Rosulullah masih hidup. Pada saat itu ada 15 orang muslim yang hijrah ke Eteopia. Negeri ini pada masa Rosul dikenal dengan nama Habsyinia atau Habsyah. Sejak abad XIV M , orang muslim Hasbania mengadakan hubungan dengan Mesir (Al Azhar), sehigga memunculkan ulama-ulama terkenal pada masa itu.
Pada tahun 1934 M, Al Azhar mengirimkan beberapa utusan yang bertugas untuk mengajar agama Islam. Beberapa masjid didirikan sebagai pusat ibadah umat Islam, dan madarasah sebagai pusat pendidikan Agama Islam.
3. Uganda
Perkembangan Islam di Uganda cukup pesat. Masuknya Islam di negeri in diperkirakan sekitar tahun 1844 melalui perdagang yaitu Ahmad Ibrohim, Idi Amin. Idi Amin dianggap sebagai pendiri Uganda Muslim Supreme Cauncil (UMSC) pada tahun 1974. Ia juga berhasil mengundang Raja Faisal pada peletakan batu pertama pembangunan Masjid nasional di Old Kampala. Beliau juga membwa Uganda menjadi Organisasi konferensi Islam (OKI). Saat ini sekitar 15 % penduduk Uganda memeluk agama Islam.
4. Somalia
Sebelum Islam masuk di Somalia, agama kristen masuk lebih dahulu. Ketika Islam di negeri ini terjadilah perang agama. Pada akhirnya Islam dapat berkembang di negeri ini. Islam masuk di Somalia pada tahun 860 M. masyarakat muslim Somalia mengikuti mazhab sunni, syi’ah ada yang menganut ajaran tasyawuf. Kini Islam terus berkembang di negeri ini.
5. Liberia.
Jumlah umat muslim Liberia saat ini mencapai kurang lebih 25 % dari 3 juta penduduk. Keadaan masyarakat muslim di negeri ini sangat memprihatinkan, karena rendahnya tingkat pendidikan dan meluasnya tingkat kemiskinan.
Undang-undang di negeri ini menjamin kebebasan beragama, pemerintah menghormati setiap pendidik beribadah menurut agamanya masing-masing, meskipun demikian uamt Islam tetap menghadapi diskriminasi dalam beragama.
The Arabic Organization for Studies, merupakan salah satu organisasi Islam yang bertujuan meningkatkan dakwah Islam dan mengajarkan Islam dan Al Qur’an kepada para mualaf.
6. Mozambik
Nama Mozambil berasal Mu bin Baig, yaitu nama seorang tokoh Islam yang pernah berpengaruh dikawasan itu. Di Negeri in Islam dapat berkembang dengan baik. Umat Islam di negeri ini berhasil membangun lembaga Islam, antara lain ; Comunidodo Musulman Assocao (Persatuan Masyarakat Islam) , Islamic Center. Masyarakat muslim Mozambik bermazhab sunni.
7. Senegal
Islam masuk negeri ini pada abad XI M. dibawah oleh bangsa magribi. Kebanyakan umat Islam dinegeri ini bermazhab Syafi’I dan Maliki. Ribuan masjid telah didirikan dan masjid yang paling besar adalah masjid Tsiys dan Taubah, Pendidikan Islam telah dibangun dari tingkat Ibtidaiyah sampai dengan peerguruan tinggi.
8. Gambia
Islam masuk ke Gambia pada abda ke X M, dibawa para pedagang dari Arab (Maroko) dan Barbar dari Mauritania. Islam Gambia bermazhab sunni dan mayoritas beraliran sufi. Para pemuka sufi ini yang membawa Islam dapat berkembang dengan pesat.
9. Namibia
Sampai dengan akhir tahun 1980-an Islam belum banyak dikenal di negeri ini. Pada waktu itu penganur Islam mayoritas berasal dari Afrika. Pada tahun 1980 di negeri ini belum ada satupun bangunan masjid. Windhoek Islamic Center, yang di anggap bangunan mesjid, sebenarnya hanya bangunan kecil yang menempel pada bangunan gereja yang megah yang dibangun oleh pemerintah.
Saat ini telah terdapat tujuh masjid dan satu lagi baru di bangun di Katutura. Tokoh muslim yang paling berjasa dalam pegemmbangan Islam di Namibia adalah Jacobs Salmaan Dhancees. Dia adalah pejabat Komisi Pemilihan Umum Nmaibia. Perjalanannya ke Konferensi Islam membawa hidayah baginya masuk agama Islam. Untuk mekanjutka dakwah dan syiar Islam, kini banyak pemuda muslim yang dikirim ke Arab Saudi untuk belajar agama Islam.

D. Asia
1. Pakistan
Islam masuk ke India-Pakistan pada masa Bani Umayyah. Dengan melalui perjalanan yang panjang pada tahun 1862 M menjadi negara Islam.
Pada awal abad XX, Sayid Ahmad Khan ( seorang kominis ), mencetuskan gagasan bahwa Muslim dan Hindu membentuk bangsa yang berbeda dan terpisah di India, atas dasar agama dan budaya. Tulisan Ahmad Khan ini mengilhami Muhammad Ali Jinnah memimpin Liga Musliam pada pembentukan Pakistan.
Pakistan mejadi negara Republik Islam. Negeri ini termasuk negara produktif ilmuwan dan budayawan muslim yang terkenal seperti Muhammad Iqbal, Fazlur Rahman dan lain sebagainya.
2. India
Islam masuk ke India pada masa Khulafaur Rosyidin, ketia Kholifah Umar bin Khottob memerintah, Ia telah mengirimkan pasukan ke Persia dan berhasil menaklukkan Persia babian selatan.
Pada masa pemerintahan Bani Umayyah Islam di India berkembangn pesat. Para da’i yang berhasil menyebarkan Islam di India antara lain :
a. Mu’awiyah bin Abi Sufyan. Pada masa pemerintahannya Beliau mengirimkan pasukan ke India yang dipimpin oleh Maglab bin Abi Sufiah.
b. Hajja bin Yusuf as Saqofi, orang yang dipercaya Abdul Malik bin Marwan.
c. Subaktakir dari Ghozna’
d. Muhammad Ghori, raja muslim di Ghori yang moderat.
Puncak kejayaan Islam di India pada masa Kerajaan Islam Mughal yang dipimpin Babur Akbar kemudian dilanjutkan oleh putranya Humayun. Pada masa kejayaan Islam di India datanglah Inggris menjajah India, Kerajaan Mughal runtuh dan India menjadi jajahan Inggris.
3. Rusia
Islam masuk di Rusia pada masa Bai Umayyah. Di kota Bukhora pernah lahir seorang ulama besar ahli hadis yaitu Imam Bukhori yang menulis kitab hadis Shoheh Bukhori. Islam di Rusia mengalami kejayaan ketika Dinasti Samanid berkuasa. Akan tetapi ketika Jengis Khan menggempur Asia Tengah banyak penduduk muslim yang dibunuh, masjid dan sekolah-sekolah dibakar.
Di Rusia saat ini telah memiliki Direktorat Utusan Islam di Departemen Luar Negeri Urusan Asia. Dengan adanya lembaga ini hak-hak dan kewajiban-kewajiban umat muslim dilindungi negara. Di negeri ini terdapat hampir 400 masjid dan 190 madrasah sebagai pusat syiar dan pendalaman Islam. Studi Isalam dan bahasa arab kini menjadi bagian kurikulum Islam di Rusia.
4 Afganistan
Islam masuk ke Afganistan pada masa Kholifah Umar bin Khottab. Pada masa Kholifah Usman bin Affan Islam telah memasuki Kabul, setelah melalui perjalanan pajang umat Islam berhasil memprokamirkan Afganistan.
Di Negeri ini umat Islam selalu berjuang menegakkan kebenaran dan keadilan, akan tetapi perjuangan umat Islam selalau mendapat tekanan dari Uni Soviet. Pada masa pengaruh Uni Soviet dapat dilenyapkan, para pemimpin gerakanm mujahidin dapat berkuasa di Afganistan. Pada masa kejayaan umat Islam, Afganistan teerkenal sebagai gudang ilmu dan berhasil melahirkan Sejumlah ilmuwan muslim.
5. Republik Rakyat Cina
Islam masuk ke Cina pada masa daulah Bani Abasiyah, kedatanag Islam di semenanjung Cina disambut gembira oleh masyarakat. Pada masa Dinasti Ming lahirlah seorang muslim terkenal yaitu Laksamana Zheng Ho atau Sham Poo Kong (1371).
Pada masa dinasti Manchu yang diprakarsai oleh Kaisar Kong His, Islam berkembang dengan pesat baik dikalangn terpelajar maupun masyarakat biasa. Kehidupan umat Islam terasa aman dan damai, bahkan banyak tokoh muslim yang menduduki jabatan penting dalam pemerintahan.
Perkembangan dan kamajuan Islam semakin tampak nyata Setelah RRC merdeka tanggal , 10 Nopember 1911 M , terutama ketika hamcurnya faham komunis di berbagai belahan dunia. Di Cian terdapat dua masjid khusus wanita yang berada di Peking (Beijing). General Moslem Associatin of China, adalah salah satu organisasi Islam di Cina, yang bergerak dalam pengembangan dakwah penembangan Islam.
1. Singapura
Islam masuk Singpura kurang lebih abad ke XVI M. Pada masa Kerajaan Malak dipimpin oleh Sultan Mansyur Syah, wilayahnya melebar sampai ke Palembang dan Jambi. Dari Jambi melalui Tanjung Pinang Islam menyebar ke Singapura.
Di Singpura Islam dapat berkembang dengan baik, khuisusnya di bidang pendidikan, seperti penerbitanbuku-buku agama berbahasa Arab, Madrsah-madrsah banyak didirikan. Islam di Singapura mendapatkan pengkuan dari pemerintah. Majelis Ulama Singapura (MUIS), mempunyai otoritas bagi pembangunan kehidupan masyarakat Islam Singapura. MUIS berada di bawah Kementerian Pembangunan Masyarakat dan ditangani oleh Menteri Lingkungan atau Menteri Sekitaran. Pada tahun 1990 MUIS bernama Maintenance Religous Harmony Act.
7. Thailand
Islam masuk ke Thailan ( Muangtai ) pada abad ke XV M, melalui kerajaan Acaeh (Pasai), setelah ditaklikan kerajaan Siam (Thailan). Selain itu Islam masuk melalui Malaka.
Kini banyak umat Islam Tailan yang merantau keluar negeri, seperti Timur Tengah dan Indonesia untuk mencari ilmu.
8. Bunai Darussalam
Islam masuk ke negeri ini sekitar tahun 977 M melalui jalur Timur Asia Tenggara oleh para pedagang dari Cina.
Pada waktu pusat penyebaran dan kebudayaan Islam di Malaka jatuh ketangan Portugis, Islam di Brunai maju pesat. Kemajuan Islam semakin bertambah cepat pada masa dipimpin oleh Sultan Bolkiah ( Sultan ke 5). Pada tahun 199885 Brunai membentuk Majlis Agama Islam berdasarkan Undang-undang Agama dan Mahkamah Kadi. Pada waktu itu Islam telah menjadi idiologi negara. Didirikannya pusat dakwah untuk kepntingan penelitian Agama Islam. Anak cacat dan yatim mejadi tanggungjawab pemerintah. Saat ini Islam telah menjadi bagian dari negara.

E. Hikmah Belajar Sejarah
Ada beberapa hal yang dapat kita ambil hikmahnya setelah kita belajar sejarah perkembangan Islam, yaitu antara lain :
1. Hanya dengan kerja keras dan usaha yang maksimal, apa yang diinginkan akan berhasil. Hal in dapat dilihat bahwa Islam berkembang dengan baik di berbagai belahan dunia adalah atas usaha yang maksimal umat muslim.
2. Tidak menjadikan warna kulit, beda bahasa dan sebagainya menjadi jurang pemisah. Karena Allah hanya membedakan hambanya dari segi ketaqwaannya.
3. Sesama muslim adalah saudara, meskipun dari berbagai benua dan negara yang berbeda. Persaduaraanitu diikat adanya aqidah atau ketuhanan yang satu Allah dan kitab suci yang satu yaitu Al Qur’an.
4. Menjadikan perbedaan dalam hal warna kulit, beda bahasa, suku jenis rabut dan lain sebagainya sebagi rahmat, bukan sebagai jurang pemisah.





A. Pilihlah Jawaban yang Paling Tepat
1. Sejak tahun 1975, di Belgia ilmu agama Islam telah masuk di dalam kurikulum sekolah. Materi agama ini di ajarkan pada sisiwa mulai tingkat …
a. SD d. Pperguruan Tinggi
b. SMP e. TK
c. SMA
2. Lembaga Islamic Center yang berada di Austria berfungsi sebagai ….
a. pusat dakwah Islam
b. pusat pendidikan Islam dan hubungan dengan dunia Islam
c. kegiatan ekonomi Islam
d. kegiatan polik
e. menampung anak cacat dan yatim
3. Agama Islam masuk di India-Pakiskan pada masa pemerintahan Islam ……
a. Dinasti Fatimiyah d. Khulafaur Rosyidin
b. Bani Umayyah e. Turki Usmani
c. Bani Abasiyah
4. Tokoh muslim yang terkenal dari Tionghoa (Cina) yang lahior pada masa Dinasti Ming adalah ……….
a. Muhammada Ali Jinnah d. Sayyid Ahmad Khan
b. Zheng Ho e. Ali Bin Abi Tholib
c. Abu Bakar
5. Salah satu peninggalan Kerajaan Isalam di India yang sampai saat ini masih dapat kita saksikan adalah ……
a. Masjid Kordafa d. Piramida

c. Tajmahal
6. Salah satu Universitas di Inggris yang turut serta mendorong perkembangan Islam di Inggris adalah ………
a. London d. Toledo
b. Al Ashar e. Kanada
c. Oxford
7. Saat ini umat Islam di Inggris telah menjalin kerjasama dengan umat Islam Indonesia. Salah satu program yang disepakati adalah …….
a. pertukaran kebudayaan d. pertukaran Imam dan Khotib
b. pertukaran pelajar e. penyediaan lapangan kerja
c. pertukaran mahasiawa
8. Di Perancis Agama Islam dapat berkembang dengan baik. Jackues Beroue telah bejuang keras mengembangkan Islam dalam hal …..
a. menterjemahkan Al Qur’an dalam bahasa Perancis
b. menterjemahkan buku-buku agama Islam
c. menerbitkan buku-buku keagamaan
d. memasukkan kurikulum agama Islam ke sekolah formal
e. tukar menukar pelajar Islam dengan Arab Saudi
9. Islam dapat berkembang dengan baik. Jumlah penduduk sekiitar 3,7 juta jiwa. Dari jumlah tersebut yang memeluk agama Islam sekitar ……
a. 90 % d. 4,5 %
b. 50 % e. 2.5 %
c. 3,4 %
10. Penyampaian pelajaran agama Islam di Jerman menggunakan model percontohan atau pilot proyek. Daerah yang dibuat percontohan adalah …
a. Berlin d. Frankfurt
b. Muceen e. Bayern
c. Bom
11. Rusia salah satu negara Asia Tenggara yang pernah memiliki pusat pengembangan Islam yaitu Bukhoro. Di kota tersebut lahir seorang ulama’ ahli Hadits yang bernama ……
a. Imam Syafi’I d. Imam Muslim
b. Imam Hambali e. Imam Ibnu Majah
c. Imama Bukhori
12. The Arabic Organization for Studies merupakan organisasi Islam di Liberia. Organisasi ini memiliki tujuan ….
a. menyebarkan Islam ke penjuru dunia
b. mengajarkan Islam dengan murni dan konsekwen
c. mengajarkan Al Qur’an dan Hadis
d. meningkatkan dakwah dan megakjarkan Al Qur’an kepada para mualaf
e. memurnikan aqidah umat Islam
13. Salah satu hikmah yang dapat kita ambil dari mempelajari sejarah perkembangan Islam di seluruh dunia adalah …..
a. menjadikan perbedaan pendapat sebagai jurang pemisah
b. tidak perlu usaha mendakwahkan Islam
c. tidak menjadikan perbedaan warna kulit, bahasa, sebagai jurang pemissah
d. saudara mulim hanya yang sedaerah saja
e. perbedaaan madzhab dijadikan sebagai pegangan
14. Quensland Islamic Society adalah sebuah organisasi Islam yang didirikan di Brisbane Australia, yang bertujuan ……….
a. mengajarkan pedidikan Islam dari tingkat SD sampai perguruan tinggi
b. mengjarkan agar anak-anak muslim mengerjakan sholat
c. menterjemahkan buku-buku Islam kedalam bahasa Inggris
d. menerbitkan buku-buku Islam
e. menhembangkan dakwah Islam
15. Di Brunai Darussalam, Islam menjadi Idiologi Negara khususnya pada masa pemerintahan Hasanah Bolkiah pada tahun ………
a. 1985 M d. 1928 M
b. 1945 M e. 2008 M
c. 2004 M

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Jelaskan beberapa bentuk kerja sama umat muslim Indonesi dengan muslim Inggris yang telah disepakati yaitu ? ………
2. Jelaskan perkembangna Islam di Australia ? …..
3. Jelaskan perkembangan Islam di Spanyol ?.........
4. Bagaimana cara yang ditempuh umat Islam di Kanada dalam usaha mengenalkan Islam ke seluruh masyarakat , jelaskan ? ….
5. Jelaskan hikmah yang dapat diambil dalam mempelajari sejarah perkembangan Islam di seluruh dunia ? ……
6. Jelaskan perkembangan Islam di Brunai Darussalam ? …….
7. Jelaskan bagaimana perkembangan Islam di Singpura ?........
8. Bagaimana perkembangan Islam yang anda ketahui di Afganistan, jelaskan ?..
9. Jelaskan perkembangan Islam di India ? …
10. Pakistan adalah merupakan negara Islam yang produktif dalam pengembangan ilmu pengeahuan dan kebudayaan Islam. Sebutkan dua tokoh ilmuwan dan budayawan yang terkenal di pakistan?...

4 komentar:

  1. Assalamu'alaikim,.
    ana Abdul Muis,.
    Mohon share file materi PAI kelas 1-3 dalam bentuk file Ms. Word,.baik berupa Bank Soal maupun materi dan bahan presentasi,.
    e-mail : muiz0101@yahoo.co.id / muiz1986@gmail.com
    Syukron,.
    Ma'an najah,.

    BalasHapus
  2. kyaknya di negara-negara ASEAN blom ada deh,,,,,,

    BalasHapus
  3. Terimakasih pak joko,sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus

Santai Sejenak


Masukkan Code ini K1-9793BE-X
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Produk SMART Telecom
 

Pengikut

Bagaimana menurut Anda Web ini?

Arsip Blog

Copyright © 2009 by Joko Siswanto
Themes : Magazine Style by Blogger Magazine