Category 1




Anda Pengunjung Ke

Minggu, 13 Juni 2010

AYAT-AYAT TENTANG IPTEK

BAB VIII
AYAT-AYAT TENTANG IPTEK




Setelah mempelajarai modul ini siswa dapat :
1. Membaca Q.S. Yunus : 101 dengan benar dan fasih
2. Mengidentifikasikan bacaan tajwid Q.S. Yunus ayat : 101
3. Mengartikan Q. S. Yunus : 101
4. Mengidentifikasi isi kandungan Q.S. Yunus : 101




A. Surat Yunus {10} Ayat :101 tentang Perlunya Memperhatikan Kejadian Alam :

               

Artinya : Katakanlah: "Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman". (Q.S. Yunus : 101).


1. Kosa Kata
 = katakanlah
 = perhatikanlah
 = langit
 = bumi
 = bermanfaat
 = tanda-tanda (kebesaran Allah)
 = peringatah (dari Allah)
 = Kaum (Orang-orang / masyarakat)

2. Pembahasan Tajwid
a. Ikhfa’, yaitu apabila ada nun mati atau tanwin bertemu huruf yang lima belas. Cara membacanya adalah samar dan berdengung satu alif. Contoh yang terdapat pada surat Yunus ayat : 101 adalah : 
b. Idghom Bighom Bighunnah, yaitu apabila ada nun mati atau tawin betemu salah satu huruf ; ya’, nun, mim atau wawu, ( , , , ). Cara membacanya tidak berdengung. Contoh yang terdapat pada kalimat :    

c. Mad Thabi’i , yaitu mad (bacaan panjang) yang dibaca satu alif atau dua harokat. Contoh yang terdapat dalam surat Yunus ayat : 101 adalah :  , 
d. Mad ‘Arid Lis Sukun, yaitu mad (bacaan panjang) yang dikuti huruf yang dimatikan karena waqof atau berhenti. Contoh dalam Surat Yunus : 101 adalah :   
3. Isi Kandungan Surat Yunus {10} ayat : 101
a. Allah memerintahkan kepada kita untuk memeperhatikan dan merenungkan kejadian langit dan bumi.
b. Alam semesta yang ada ini merupakan bukti kongkrit kekuasaan dan kebesaran Allah.
c. Dengan mengenal tanda-tanda kekuasaan Allah, manusia dapat mengenal Allah (ma’rifatullah). Ma’rifatullah yang diajarkan kepada manusia adalah mengenal Allah SWT melalui hasil ciptaan dan sifat-sifat-Nya bukan melalui zat-Nya. Tujuan ma’rifatullah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
d. Syarat utama untuk menemukan hikmah dan manfaat dari segala apa yang diciptakan Allah adalah keimanan.

B. Surat Al Baqoroh {2} Ayat : 164 tentang Penciptaan Langit dan Bumi

•       •        ••       •                     
Artinya : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.(Q.S.Albaqoroh {2} : 164 ).

1. Kosa Kata
  = penciptaan  = pergantian
  = malam • = siang
 = kapal  = berlayar
  = laut  = bermanfaat
••  = manusia  = ditutunkan
• = air  = menghidupkan
   = setelah matinya  = binatang
 = angin  = awan
 = tanda-tanda (kebesaran Allah)
 = manusia (kaum)  = yang berfikir (mengerti)

2. Penerapan Ilmu Tajwid
a. Ghunnah Musaddadah, yaitu apabila ada nun dan mim yang bertasydid, cara membacanya berdengung. Contoh yang terdapat dalam surat Al baqoroh ayat : 164 adalah :   
b. Ikhfa’, yaitu apabila ada nun mati atau tanwin bertemu salah satu huruf yang lima belas, cara membacanya samar dan berdengung. Contoh pada surat Al Baqoroh ayat : 164 adalah : •• 
c. Idghom Bighunnah, yaitu apabila ada nun mati atau tanwin bertemu salah satu huruf ; ya, nun, mim atau wawu ( ). Cara membacanya adalah berdengung. Contoh yang terdapat pada surat Al Baqoroh ayat : 164 adalah : • 
d. Mad Jaiz Munfashil, yaitu mad (bacaan panjang) bertemu huruf hamzah berharokat berbeda dalam kata. Contoh pada surat Al Baqoroh ayat : 164 adalah :  
e. Mad Lazim Kilmi Musaqqol, yaitu mad (bacaan panjang) bertemu tasydid dalam satu kata. Contoh pada surat Al Baqoroh ayat : 164 adalah :  
3. Isi kandungan Surat Al Baqoroh {2} ayat : 164
a. Allah menciptakan langit dan bumi dan alam semesta dianugerahkan kepada manusia, sebagi sarana penghidupannya telah menjadi bukti kemaha kuasan Allah.
b. Langit, bumi, laut dan semua fenomena alam semesta yang diciptakan Allah patut direnungkan dan dikaji untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan tenologi yang dapat menghantarkan pada pengakuan akan keesaan dan kekuasaan Allah.
c. Langit dengan planet dan sistem tatasurya lainnya berjalan dan bergerak sesuai dengan aturan Allah (sunatullah).
d. Kekuasaan Allah mengetur siang dan malam serta perbedaan panjang pendeknya waktu, sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
e. Kekuasaan Allah menjadikan kapal dapat berlayar di laut dan menjadi alat tranportasi dapat memudahkan manusia dalam menjelajahi pulau-pulau dan dapat berdagang untuk mengembangkan perekonomian.
f. Allah menciptakan hujan sebagai sarana untuk menghidupkan dan menyuburkan bumi dan hewanpun dapat melangsungkan kehidupannya dengan air hujan.
g. Langit, bumi, laut dan dan segala isinya merupakan ekosistem yang harus dilestarikan, demi kelangsungan dan kenyamanan kehidupan manusia.



a. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Meyakini bahwa Allah itu ada (wujud), dan Maha Kuasa atas segala sesuatu dapat dilakukan dengan ……..
a. mengurus hasil bumi d. berzikir sebanyak-banyaknya
b. merenungkan ciptaan-Nya e. mengekplitasi sesui kehendak
c. mengsyukuri nikmat-Nya
2. Keberadaan alam semesta merupakan salah satu tanda bukti bahwa Allah itu ada dan maha kuasa yang disebut dengan istilah…..
a. ayat-ayat qur’aniyah d. sunatullah
b. ayat-ayat kauniyah e. sunah Rasul
c. ayat kursi
3. Dalam Surart Yunus :164 ada dua hal yang tidak bermanfaat bagi orang yang tidak beriman, yaitu………..
a. pergantian siang dan malam
b. kejadian alam dan segala isinya
c. tanda-tanda kebesaran Allah dan peringatan dari Rasul-rasul-Nya
d. perintah Allah dan Rasul-Nya
e. fatwah sahabat Nabi dan para ulama’
4.   
Potongan ayat tersebut di atas mengandung bacaan ……..
a. idhar kholqi d. mad iwadh
b. ikhfa’ haqiqi e. iqlab
c. idghom bighunnah
5. 
Arti potongan ayat tersebut yang tepat adalah ………….
a. tidak bermanfaat kekayaan manusia yang tidak beriman
b. tidak bermanfaat peringatan dari Allah
c. tidak bermanfaat tanta-tanda (kebesaran Allah)
d. bumi dan langit sebagai tanda (kebesaran Allah)
e. tidaklah bermanfaat Rasul-rasul yang memberi peringatan
6. Salah satu tujuan mengenal Allah (ma’rifatullah ) adalah ……
a. mengekang hidup manusia
b. tidak sombong
c. memperkuat ibadah kepada Allah
d. meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah
e. meningkatkan kasih sayang terhadap sesama mahluk
7. Berikut ini adalah manfaat yang dapat diperoleh bagi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, kecuali ………
a. diberikan keberkahan hidupnya
b. tidak diperbudak oleh hawa nafsu
c. biberikan umur panjang
d. diberikan kehidupan yang baik
e. diberikan balasan surga
8. Kalimat di bawah ini yang mengandung hukum bacaan ikhfa’ haqiqi adalah…..
a.   b.    
b.     e. • 
c.  
9. Perintah Alalah, agar kita selalu memperhatikan dan merenungkan ciptaanNya, bukan zat-Nya, hal ini karena ………
a. Allah tidak bisa dipahami oleh akal manusia
b. Allah tidak mempunyai zat
c. manusia memiliki keterbatasan akal dan ilmu
d. manusi tidak bebas berfikir
e, agar tidak ragu-ragu dalam keimannannya
10. • 
Terjemahan potongan ayat tersebut yang benar adalah ……….
a. dan pergantian siang dan malam
b. dan pergantian malam dan siang
c. dan perbedaan waktu pagi dan sore
d. dan pergantian musim
e. dan perbedaan langit dan bumi
11. Pada kalimat  terdapat hukum bacaan ……..
a. mad thobi’i d. lazim harfi musaqqol
b. mad jaiz munfashil e. mad ‘aridh lissukun
c. mad lazim kilmi musaqqol
12. Allah memerintahkan kepada manusia, agar selalu memperhatikan dan merenungkan fenomena alam, hal ini dmaksudkan agar ……..
a. menambah kekayaan harta benda
b. menumbuhkan daya fikir yang tinggi
c. menyerahkan segala urusan kepada Allah
d. meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
e. menghindari perbuatan maksiyat
13.    
Kata yang bergaris bawah tersebut memiliki hukum bacaan …….
a. Ikhfa’ haqiqi d. idghom misli
b. idhar khalqi e. iqlab
c. idghom bighunnah
14. Fenomena alam yang terjadi di sekitar kita, mendorong manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena …….
a. dengan iptek manusia dapat hidup kekal
b. dengan iptek manusia akan bebas berbuat tanpa batas
c. dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup
d. dengan iptek manusia tidak lagi butuh pertolongan Allah
e. dengan iptek menusia dapat menjajah manusia yang lainnya.
15. Allah menurunkan air hujan dari langit bertujuan …….
a. agar manusia bersyukur
b. agar ikan-ikan yang berada dilaut tidak mati
c. agar bumi ini tidak meletus
d. untuk menumbuhkan dan menyuburkan bumi
e. agar manusia tidak kepanasan
16. Seluruh alam semesta ini tunduk dan patuh dengan qodho dan qodar Allah atau dengan istilah lain berjalan sesuai dengan hukum Allah, yang disebut dengan istilah ………..
a. sunnah Rosul d. tergantung kepada manusianya
b. sunnatullah e. syari’ah
c. Sunah shahabat
17. Orang yang selalu berpikir, mengagumi, dan memperhatikan tanda-tanda kebesaran, kekuasaan Allah, akan mendorong untuk ……….
a. mengenal Allah (ma’rifatullah) d. rajin bekerja
b tidak percaya adanya Allah e. rajin memeliti
c. rajin sholat
18. Pemberian Allah berupa akal dan ilmu kepada manusia, agar mausia dapat melakasankan tugas pokoknya yaitu ………
a. memakmurkan bumi (kholifah fil ardhi)
b. menuasai alam
c. bebas berbuat
d. tidak kelaparan
e. mau menolong sesama hidup
19. Manusia diciptakan Allah di dunia ini dengan dilengkapi dengan tiga bekal, agar dapat melangsungkan kehidupannya yaitu : potensi jamani, potensi rohani dan……
a. kekuasaan d. ilmu
b. akal e. amal sholeh
c. nafsu
20. Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada manussia berupa alam semesta adalah ………….
a. memanfaatkan alam semesta dengan sebaik-baiknya
b. membuat undang –undang pelarangan pemanfaatan alam
c. memanfaatkan dengan sepuas-puasnya tanpa mengenal batas
d. tidak menjualnya kepada orang manca negar
e. beribadah sebanyak-banyaknya

b. Jawablah pertanyaan-pertanyaaan di bawah ini dengan singkat dan tepat !
1. Sebutkan dan jelaskan dua tanda-tanda kekuasaan Allah (ayat-ayat Allah) ?
2. Apa yang kamu ketahui tentang bacaan mad thobi’i dan beri contohnya ?
3. Mengapa perkembangan iptek disamping mendapatkan manfaat juga mendatangkan madlorot, jelaskan ?
4. Dalam kehidupan manusia diberikan tiga potensi dasar, sebutkandan jelaskan ?
5. Apa yang kamu ketahui tentang ma’rifatullah ?
6. Apa yang kamu ketahui dengan bacaan idghom bighunnah, jelaskan dan beri contohnya ?
7. Peningkatan keimanan dan ketaqwaan seseorang dapat dilihat dari beberapa hal, sebutkan dan jelaskan minimal dua ?
8. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang hukum bacaaan ikhfa’ haqiqi serta beri contohnya ?
9. Bagaimana pendapat anda bahwa perkembangan iptek dapat meningkatkan kualitas hidup manusia, Jelaskan ?
10.     
Terjemahkan potongan ayat diatas dengan benar ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Santai Sejenak


Masukkan Code ini K1-9793BE-X
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Produk SMART Telecom
 

Pengikut

Bagaimana menurut Anda Web ini?

Arsip Blog

Copyright © 2009 by Joko Siswanto
Themes : Magazine Style by Blogger Magazine