Bab 7 Ayat-ayat al-Qur’an tentang Kelestarian Lingkungan
• Membaca QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A'raf: 56-58, dan QS. Ash-Shad: 27
A. Tugas Individu : Siswa menyalin QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A'raf: 56-58, dan QS. Ash-Shad: 27
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
B. Pengamatan : Siswa membaca QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A'raf: 56-58, dan QS. Ash-Shad: 27
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Menjelaskan arti QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A'raf: 56-58, dan QS. Ash-Shad: 27
A. Tugas Individu : Siswa menjelaskan arti QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A'raf: 56-58, dan QS. Ash-Shad: 27
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungah hidup seperti terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A'raf: 56-58, dan QS. Ash-Shad: 27
A. Tugas Individu
Penegasan Allah tentang pentingnya pelestarian alam dan sebagai bukti tanda-tanda kekuasaan-Nya perlu dicermati dalam al-Qur’an (QS. 41: 39, QS. 42: 29, QS. 2: 164, dan QS. 44: 38-39). Al-Qur’an memberi petunjuk untuk menciptakan pola reaksi yang saling menguntungkan antara manusia dengan sesamanya dan manusia dengan alam. Interaksi ini berdimensi harmonis sesuai dengan petunjuk-Nya, hal ini berarti tidak memberi kesempatan kepada manusia berbuat menurut kemauan hawa nafsunya.
Dengan mengacu pada dalil-dalil di atas sebagai alat analisis, bagaimana sebenarnya konsep Islam tentang lingkungan hidup? Apa saja akibat yang muncul bila manusia melanggar norma-norma agama dan aturan-aturan yang berlaku? Bagaimana sikap yang tepat dan solusi mengatasinya? Buatlah kesimpulan dalam bentuk laporan singkat.
B. Pengamatan
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
C. Tes Tertulis
Bab 8 Iman kepada Kitab
• Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
A. Tugas Individu : Siswa menjelaskan pengertian dan fungsi iman kepada kitab-kitab Allah
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
B. Pengamatan : Siswa menunjukkan perilaku iman kepada kitab- kitab Allah dengan melaksanakan Salat Jum’at di sekolah
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
A. Tugas Individu : Siswa menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
B. Tes Tertulis
Bab 9 Menghargai Orang Lain
• Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
A. Tugas Individu : siswa menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
Perlindungan terhadap hak cipta seseorang, dalam kondisi-kondisi tertentu juga menimbulkan masalah. Misalnya, seseorang yang telah menemukan suatu penemuan namun tidak menyatakan diri sebagai penemu pada lembaga berwenang, berarti ia tidak memiliki hak untuk mendapatkan penghasilan royalti buat hasil pemikirannya itu. Namun sebaliknya, ada yang sekadar menjiplak dan mengakui sebagai ciptaannya lalu ia daftarkan sehingga diakui sebagai pemilik sah gagasan tersebut. Ia pun berhak mendapatkan royalti.
Bagaimanakah pendapatmu terhadap persoalan tersebut?
Skor
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain
A. Tugas Individu & Pengamatan : Siswa membuat kliping
Kamu tentu pernah menemukan kasus-kasus pelanggaran atau pemalsuan karya cipta orang lain yang membawa akibat hukum kepada pelakunya. Nah, carilah kasus-kasus pelanggaran tersebut dari media massa bisa koran, majalah, buletin, dan lainnya. Kumpulkan tiga sampai lima kasus tersebut dan buatlah kliping serta berilah komentar. Selanjutnya, serahkan kliping hasil karyamu kepada guru untuk dinilai.
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
A. Tugas Individu & Pengamatan : Siswa membuat karya ilmiah
Pada kegiatan ini kamu diajak untuk menghargai karya orang lain. Caranya adalah dengan berkarya. Buatlah satu atau beberapa karya orisinalmu yang belum pernah kamu buat. Lalu sampaikan kepada teman di kelas. Akan lebih bagus bila kamu lengkapi karyamu itu dengan keterangan seputar bahan dan cara pembuatannya.
Satu hal yang perlu kamu ingat baik-baik, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan daya kreativitasmu. Bukan untuk bersaing dan saling menjatuhkan.
B. Tes Tertulis
Bab 10 Dosa Besar
• Menjelaskan pengertian dosa besar
A. Tugas individu : siswa menjelaskan pengertian dosa besar
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
A. Tugas individu : siswa menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
A. Tugas individu
Jika kamu rajin mengikuti berita-berita di media massa, di sana pasti akan banyak dijumpai berbagai kasus kejahatan yang menjadi penyakit masyarakat. Mungkin ada pencurian, perampokan, pembunuhan, penodongan, dan berbagai bentuk perilaku dan pelanggaran HAM.
Nah, cobalah kamu lakukan analisis tentang berita-berita kejahatan yang dimuat di berbagai media massa. Langkah-langkah penelitiannya sebagai berikut:
a. Tujuan Penelitian : Mengetahui sebab-sebab penyakit masyarakat
b. Sumber Data : Koran, majalah, berita tv, radio, atau internet
c. Langkah-langkah :
1) Mencari berita
2) Mengumpulkan berita kejahatan
3) Mengidentifikasi jenis-jenis kejahatan yang terjadi
4) Mengidentifikasi motif-motif kejahatan yang terjadi
5) Memasukkan data dalam tabel seperti di bawah ini
No | Jenis Penyakit Masyarakat | Motif Tindakan | Sumber Berita | Tanggal Kejadian | Keterangan |
1. 2. 3. | | | | | |
b. Analisis :
1) Bagaimana pendapatmu secara umum tentang penyakit masyarakat?
2) Jenis penyakit masyarakat apa yang menduduki peringkat atas
3) Apakah penyakit masyarakat mempunyai kaitan dengan kemiskinan?
4) Strategi apa yang menurutmu paling tepat untuk mengatasi penyakit masyarakat?
c. Kesimpulan :
Tulislah hasil penelitianmu dalam bentuk laporan, kemudian presentasikan di depan kelas
B. Pengamatan :
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
C. Tes tertulis :
Bab 11 Penyelenggaraan Jenazah
• Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
A. Tugas individu : siswa menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
Bacaan niat dan doa-doa sering dicantumkan dalam beragam buku fikih yang mengangkat pembahasan tentang jenazah. Carilah bacaan-bacaan tersebut dan tulislah dalam kertas tugas untuk dikumpulkan kepada guru. Kamu dapat mencarinya di semua sumber pustaka yang dapat kamu temui. Selamat bertugas.
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
A. Unjuk kerja & Pengamatan : siswa memperagakan tatacara pengurusan jenazah
Pada kesempatan ini, kamu diajak untuk mempraktikkan cara memandikan, mengafani, dan menyalatkan jenazah. Agar lebih mudah, bagilah kelas menjad beberapa kelompok yang mana akan mendapatkan tugas melaksanakan satu tahap penyelenggaraan jenazah. Aturlah sedemikian rupa dengan panduan guru, sehingga praktik ini dapat kamu laksanakan dengan baik.
Buatlah catatan praktik untuk setiap praktik yang dilakukan baik oleh kelompokmu atau oleh kelompok yang lain. Catatan itu akan sangat berguna untuk mengevaluasi praktik yang kamu lakukan. Sebagai model jenazah, kamu dapat menggunakan boneka atau mungkin ada sukarelawan yang bersedia. Nah, selamat mengerjakan.
B. Tes tertulis
Bab 12 Khutbah Jumat dan Dakwah
• Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
A. Tugas individu : siswa menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah
A. Tugas individu : siswa menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah
A. Tugas individu & Pengamatan : siswa memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah
Kamu tentu telah dapat membuat naskah khutbah, bukan? Nah, siapkan naskahnya kemudian sampaikan di hadapan teman-teman sekelasmu. Anggaplah temah-temanmu tersebut sebagai para jamaah yang mendengarkan khutbahmu. Kemudian lakukan tertib urutan khutbahnya mulai khutbah pertama sampai khutbah kedua.
B. Laporan makalah
Kamu telah mafhum bagaimana harus bertablig atau berdakwah di tengah masyarakat. Nah, kegiatan kali ini adalah melakukan praktik dakwah tersebut. Untuk memudahkan, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:
1. Bersama kelompok dakwah di sekolahmu buatlah program dakwah. Jika selama ini program dakwah ruang lingkupnya sebatas dalam sekolah, perlu diperlebar ke luar sekolah. Misal, kegiatan tablig akbar, pengajian hari besar Islam, kemah dakwah, bakti sosial dakwah, dan sebagainya
2. Tentukan target dakwah yakni kelompok masyarakat yang hendak didakwahi, misalnya berdasarkan usia. Kamu juga perlu menentukan tempat yang hendak kamu dakwahi dengan mempertimbangkan tingkatan ekonomi, pengetahuan, maupun akhlak pada umumnya masyarakat di tempat tersebut
3. Kamu praktikkan langsung untuk melaksanakan program dakwah yang telah dibuat. Lakukan dengan cara bertahap, baik dakwah bil hal maupun bil lisan agar masyarakat membiasakan beramal kebajikan dan meninggalkan kemaksiatan sebagai tujuan pokok dakwah Islam
4. Evaluasilah terhadap pelaksanaan program dakwah yang telah kamu lakukan
C. Tes tertulis
Bab 13 Perkembangan Islam pada Masa Modern
• Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
A. Tugas individu : siswa menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
• Menunjukkan contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern
A. Tugas individu : siswa menunjukkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
- Kurang = 0 – 59 - Baik = 75 – 89
- Cukup = 60 – 74 - Amat Baik = 90 – 100
B. Tes tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar