Category 1




Anda Pengunjung Ke

Minggu, 13 Juni 2010

PERILAKU TERPUJI

BAB X
PERILAKU TERPUJI

Setelah melakukan pembelajaran modul ini siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
2. Menjelaskan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
3. Membuasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
4. Menunjukkan perilaku rukun dalam pergaulan

A. Pengertian Persatuan dan Kerukunan
Secara bahasa persatuan diartikan sebagai gabungan (ikatan, kumpulan dan lain sebagainya), beberapa bagian yang sudah bersatu. Sedangkan rukun berarti baik, damai, tidak bertengkar. Kerukunan berarti sebagai hidup rukun, damai dan tidak bertengkar antara warga masyarakat.
Persatuan dan kerukunan sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat, sebab terciptanya persatuan dan kerukunan dalam suatu negara akan menjadikan rakyat nyaman dan tenteram dalam bekerja, menuntut ilmu, melaksanakan ajaran agama, melaksanakan pembangunan dan lain sebagaianya. Agama Islam mengajarkan kepada umatnya untuk membina persatuan dan kerukunan. Firman Allah :
 ••           •      •    
Artinya : Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.(Q.S.Al Hujurot{49}:13).
Ayat tersebut menegaskan bahwa manfaat diciptakan manusia dengan berbeda-beda suku, bangsa adalah supaya saling mengenal dan memberi manfaat satu dengan yang lannya.
Pada ayat lain Allah melarang hamba-Nya saling mengolok-olok kaum satu dengan yang lainnya :
                       …… 
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik ….. ( Q.S. Al hujurot {49} : 11 )

B. Perilaku Persatuan dan Kerukuan dalam Kehidupan Sehari-hari
Penerapan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari dapat digolongkan menjadi tiga yaitu :
1. Kerukunan Umat Seagama
Rasulullah Muhammad SAW diutus oleh Allah bukan hanya untuk bangsa arab saja, melainkan untuk seluruh manusia dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. Firman Allah :
  •     • …… 
Artinya : “Katakanlah: "Hai manusia sesungguhnya Aku adalah utusan Allah kepadamu semua”, ….. (Q.S. Al A’rof {7} : 158 )
Dalam perkembanganya, agama Islam diterima oleh masyarakat yang berbeda suku, bangsa dan budaya. perberbedaan pengetauan dan pemahaman masing-masing suku dan bangsa, mendorong munculnya beberapa aliran dalam agama. Dalam bidang figh terdapat empat madzhab yang sangat populer yaitu ; madzab Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali. Keempat madzhab tersebut masing-masing mempunyai banyak pengikutnya, termasuk bangsa Indonesia. Dalam aqidah terdapat aliran Jabariyah, qodariyah dan Asy’ariyah, dalam organisasi kemasyarakatan Islam ada Nahdlotul Ulama’, Muhamadiyah, Persis dan lain sebagainya. Perbedaan paham tersebut adalah merupakan dinamika umat Islam, sehingga islam benar-benar menjadi rahmatan lil ’alamin. Perbedaan paham bukan menjadi penyebab permusuhan dan perpecahan umat. Rasulullah SAW telah bersabda yang artinya “ perbedaan pendapat pada umat-Ku hendaknya menjadi rahmat”. Dan Allah SWT berfirman :
•  • •     
Artinya : “ Sesungguhnya (agama Tauhid) Ini adalah agama kamu semua; agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, Maka sembahlah Aku”. ( Q.S. Al Anbiya’ {21} : 92 ).

2. Kerukunan Antar Umat Beragama
Toleransi antar umat beragama telah diajarkan dan dicontohkan oleh Rosulullah SAW kepada para shahabat dan seluruh umat-Nya. Misalnya pada masa selesai peranga badar, pasukan muslim telah berhasil menawan pasukan kafir, banyak para shahabat yang menginginkan tawanan tersebut dibunuh, namun kebijakan Rasul berbeda justru Rasul meminta agar tawanan-tawanan perang itu dibebaskan.
Agama Islam membolehkan umatnya untuk berhubungan denga pemeluk agama lain, bahkan toleransi antar umat beragama sangat dianjurkan oleh Rosulullah SAW. Batasan toleransi antar umat beragama yang dianjarkan oleh Rosul SAW adalah dalam batasan mu’amalah, yaitu hubungan kerja sama dalam hal kemanusiaan. Sedangkan toleransi yang menyangkut dalam hal ibadah dan aqidah Islam secara tegas melarangnya. Firman Allah :
                  •             
Artinya : 1). Katakanlah: "Hai orang-orang kafir, 2). Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. 3). Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang Aku sembah. 4). Dan Aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, 5). Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang Aku sembah. 60. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku." (Q.S. Al Kafirun {109} : 1 – 6 ).

Sikap toleransi antar umat beragama dapat ditunjukkan melalui :
1. Saling menghargai dan menghormati ajaran masing-masing agama
2. Menghormati atau tidak melecehkan simbol-simbol maupun kitab suci masing-masing agama.
3. Tidak mengotori atau merusak tempat ibadah agama oranga lain, serta ikut menjaga ketrtiban dan ketenangan kegiatan keagamaan.

3. Kerukunan Umat Beragama dengan Pemerintah
Menurut istilah agama Islam pemerinth disebut ulil amri (yang memiliki kekuasaan atau mengurusi). Menurut ahli tafsir ulil amri adalah orang-orang yang memegang kekuasaan diantara mereka (umat Islam), yang meliputi pemerintah, penguasa, alim ulama dan pemimpin lainnya.
Islam mengajarkan kepada umatnya, bahwa mentaati pemerintah nilainya sama dengan mentaati Allah dan Rasulnya. Firman Allah :
           ……. 
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (nya), dan ulil amri di antara kamu…… (Q.S. An Nisa’ {4} : 59).
Ayat tersebut mewajibkan setiap umat Islam wajib patuh kepada pemerintah, patuh pada peraturan perundangan yang telah ditetapkan oleh pemerinatah, selama peraturan tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran agama. Tetapi jika terdapat peraturan yang tidak sejalan dengan prinsip ajaran agama, umat Islam wajib mengingatkan dengan cara-cara yang baik dan bijaksana.



A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar
1. Persatuan dan persaudaraan yang diakibatkan adanya ikatan kebangsaan sering disebut dengan ukuwah ……
a. islamiyah d. basyariyah
b. wathoniyah e. aqidah
c. insaniyah
2. Kerukunan antar umat beragama sangat dianjurkan oleh Rasul SAW, selama tidak menyangkut masalah …..
a. syari’ah d. sosial ekonomi
b. mu’amalah e. pendidikan dan budaya
c. ibadah dan aqidah
3. Salah satu bentuk toleransi antar umat beragama yang pernah dilakukan Rasulullah SAW pasca perang badar adalah ……
a. tidak memaksakan para tawanan perang untuk masuk Islam
b. para tawanan perang harus mengajarkan baca tulis pada umat Islam
c. diperintahkan para istrinya untuk membagi-bagikan makanan pada tetangga.
d. mendamaikan perselisihan peletakan hajar aswad
e. Rasulullah cenderung bersikap lemah dihadapan orang kafir.
4. Orang-orang yang menganut agama Islam disebut ………
a. mukmin d. mukhlisin
b. muslim e. taqwa
c. muhsin
5. Konsep Rosul SAW tentang ajaran persatuan dan kesatuan umat muslim diumpamakan seperti ………
a. satu organisasi
b. sastu tubuh, jika sebagian sakit semua ikut merasakan
c. satu keluarga, makn tidak makan asal kumpul
d. satu bangsa dan negara
e. satu kafilah
5. Di antara sesama muslim kita harus saling kasih sayang, saling membantu dan tolong menolong, istilah tolong-menolong dalam Islam disebut ……..
a. ta’awun d. tafakur
b. taqorrub e. tahayyul
c. tasamukh
6. Bentuk kerukunan antara sesama muslim yang pernah dicontohkan oleh Rosul sewaktu berada di Madinah adalah ………..
a. menyatukan bangsa Madinah
b. menyatukan kaum muhajirin dan anshor
c. mendirikan negara Islam
d. gotong royong mendirikan masjid Nabawi
e. menyantuni kaum muslim yang lemah
7. Sahabat Bilal bin Rabah disiksa oleh tuannya karena masuk Islam, sebagai rasa persaudaraan ia ditolong dan diselamatkan oleh …….
a. Ali bin Abi Thlib d. Abu Bakar Ash Shidiq
b. Umar bin Khottob e. Zaed bin Tsabit
c. Usman bin Affan
8. Rosulullah saw pernah bersabda yang artinya “ perbedaan umat-Ku itu menjadi rahmat” hadis tersebut memberikan pendidikan tentang ……
a. kerukunan antar sesama manusia
b. kerukunan sesama umat beragama
c. persatuan dan kesatuan bangsa
d. kerukuna antar umat beragama
e. toleransi antar umat beragama
9. bentuk toleransi antar umat beragama dapat dilakukan dengan …..
a. menghormati atau tidak melecehkan antribut-atribut masing-masing agama
b. tidak menolong orang yang bukan seagama
c. tidak melakukan silaturahmi kepada orang yang beda agama
d. bekerjasama dan gotong royong dalam beribadah
e. saling mendoakan
10. Paham yang muncul dalam menyikapi perbedaan masalah keagamaan dinamakan ……
a. daulah d. ukhuwah
b. kholifah e. mazhab
c khilafiyah
11. Berikut ini sikap kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah ditunjukkan oleh ….
a. Anton tidak mau kerjabakti membangun masjid karena berbeda agama
b. keluarga pak Yanto tidak mau kerjabakti membangun jalan
c. pak Ahmat rajin siskampling
d. Rina selalu menyisihkan gajinya untuk membantu fakir miskin
e. warga masyarakan bergotong royong membangun masjid
12. ..............        
Ayat tersebut di atas berkaitan dengan perintah …..
a. berbakti pada bangsa dan negara
b. mentaati Allah, Rasul dan pemegang kekuasaan
c. mematuhi dan menerima segala peratueran pemerintah
d. menataati pada kedua orang tua
e. menjalankan kewajiban agama
13. Bagus selalu mengikuti ibadah Ricky yang beragama Budha. Padahal mereka berdua berbeda agama. Bagaimana menurut pendapatmu …….
a. boleh saja, untuk menghormati teman
b. tidak boleh, karena hal tersebut menyalahi ajaran agama
c. sangat dianjurkan, sebagai bentuk toleransi
d. tidak tahu
e. boleh saja agar kerukunan antar umat beragama tetap terjalin
14. Batas-batas toleransi antar umat beragama telah dijelaskan oleh Allah dalah firman-Nya suarat …..
a. al Fatihah ayat 1-7 d. al Ikhlas 1-3
b. al Baqarah ayat 1 – 3 e. ayat Kursi
c. al Kafirun ayat 1- 6
15. Anjuran agar kita selalu menjalin persatuan dan kerukunan terhadap sesama manusia telah dijelaskan dalah al Qur’an surat ……
a. al Hujurot ayat : 13 d. al Baqoroh ayat : 256
b. al Baqaroh ayat :3 e. an Nisa’ ayat : 59
c. al Fatihah ayat : 7
16.


Ayatersebut di atas menganjurkan tentang :
a. toleransi antar umat beragama d. toleransi antar bangsa
b. toleransi umat seagama e. larangan berpindah agama
c. toleansi umat beragama dengan pemerintah
17. 1. Arif tidak pernah melecehkan kawannya yang beragama lain
2. Anton suka membantu kawannya yang kesulitan keuangan
3. Agus tidak pernah mengotori dan merusak tempat ibadah agama lain
4. Budi suka mengirimkan kartu natal pada temannya yang beragama kristen
5. Ahmad tidak pernah membantu kawannya yang beragama lain
Dari pernyataan tersebut di atas yang termasuk perikau toleransi antar umat beragama adalah :
a. 1, 2, dan 5 d. 2 dan 3
b. 1, 2, 3, dan 4 e. 2, 3, dan 5
c. 2 dan 4
18. Peranan para tokoh atau pimpinan agama sangat penting dan strategis, kareha hal ini akan mendorong umatnya ……..
a. berperan aktif mengisi pembangunan
b. mendakwahkan agamanya masing-masing
c. beribadah sesuai agama dan kepercayan masing-masing
d. bersama-sama membangun t empat-tempat ibadah
e. tidak menghina agama orang lain
19. Menurut istila agama Islam, persaudaraan dan kerukunan sesama umat seagama lazimnya di sebut :
a. ukhuwah insaniyah d. kerukunan inter umat beragama
b. ukhuwah Islamiyah e. al mahabbah
c. ukhuwah wathoniyah
20.


Surat Al A’rof Ayat: 158 tersebut di atas mengajarkan tentang ….
a. kerukunan umat seagama
b. kerukunan antar umat beragama
c. kerukunan umat beragama dengan pemerintah
d. toleransi antar umat beragama
e. kerjasama antar umat beragama

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini degan singkat dan jelas !
1. Jelaskan bagaimana konsep Islam dalam kerukunan antar umat beragama ?....
2. Jelaskan persaudaraan sesama muslim yang dibangun Rosulullah ketika di Madinah ?.......
3. Ceritakanlah sebab-sebab turunnya surat al Kafirun ?....
4. Mengapa toleransi antara umat beragama dengan pemerintah sangat diperlukan?
5. Berikan contoh kerukunan umat beragama dengan pemerinatah ?
6. Sebutlkan beberapa perilaku yang menunjukkan sikap persatuan dan kerukunan?
7. Tunjukkan cara-cara bertoleransi dengan lain agama ?
8. Apa yang anda ketaui tentang ukhuwah islamiyah, jelaskan ?...
9. Bolehkan menyiarkan agama kepada orang yang sudah beragama, jelaskan ?....
10. Mengapa persatuan dan kerukunan diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat, jelaskan ? …

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Santai Sejenak


Masukkan Code ini K1-9793BE-X
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Produk SMART Telecom
 

Pengikut

Bagaimana menurut Anda Web ini?

Arsip Blog

Copyright © 2009 by Joko Siswanto
Themes : Magazine Style by Blogger Magazine